Mengenal Sistem Pendidikan di Inggris

Setiap negara mempunyai sistem pendidikan yang berbeda-beda. Nah ketika kita akan memilih untuk melanjutkan studi ke suatu negara tertentu, perlu dong untuk mengetahui terlebih dahulu sistem pendidikan di negara tersebut. Kali ini saya akan membahas tentang sistem pendidikan di Inggris.

Apakah sih ciri khas pendidikan di Inggris?

Tenyata pendidikan di Inggirs memiliki ciri khas untuk membiasakan pelajar/mahasiswa untuk berpikir sendiri, bekerja/belajar secara mandiri dan didukung sistem untuk mencapai potensi secara maksimal di suatu bidang. Jadi memang pendidikan di Inggris umumnya mendukung pelajar/mahasiswa untuk aktif bertanya, berdiksusi dan melakukan analisis berpikir.

Nah untuk mendukung proses belajar mahasiswa asing, institusi di Inggris biasanya dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung yang optimal. Secara nasional, informasi layanan untuk mahasiswa asing dapat diperoleh melalui UKCISA (United Kingdom Council for International Student Affairs). Website-nya dapat disimak di : www.ukcisa.org.uk/student.

Sistem Pendidikannya Bagaimana?

Di Inggris, program wajib belajar berakhir pada usia 16 tahun, yaitu saat siswa menyelesaikan GCSE (General Certificate of Secondary Education), atau Standard Grades di Skotlandia. Kemudian setelah menamatkan GCSE, siswa di England, Wales dan Irlandia Utama harus menempuh pendidikan selama 2 tahun untuk dapat mengikuti ujian A-level (atau ujian Advanced Higher di Skotlandia), sebelum memasuki perguruan tinggi. Selain A-level, terdapat juga kualifikasi lainnya, seperti International Baccalaureate, diploma, bidang kejuruan dan lain sebagainya

Tahun Akademik

Ketika akan mendaftar kuliah, kalian juga harus tahu dong seperti apa tahun akademiknya. Tahun akademik di Inggris mulai pada Bulan September dan berakhir di tahun berikutnya pada bulan Juni atau Juli. Mahasiswa asing dapat diberi pilihan untuk mengambil beberapa mata kuliah persiapan sebelum mengikuti kuliah utama (matrikulasi). Ataupun persiapan bahasa inggrisnya.

Pada umumnya masa kuliah dalam satu tahun di universitas atau sekolah tinggi di Inggris dibagi menjadi tiga periode yang ditandai dengan masa liburan, yaitu liburan Natal dan akhir tahun, Easter dan liburan musim panas. Satu tahun akademik terbagi menjadi 2 (dua) semester. Semester 1 mulai September hingga Januari, kemudian semester 2 dimulai akhir Bulan Januari sampai akhir Mei. Ujian biasanya dilaksanakan pada akhir setiap semester yakni pada bulan Januari dan Mei atau Juni.

Persyaratan Bahasa Inggris

Nah ini penting untuk mahasiswa asing yang akan berkuliah di Inggris. Semua mahasiswa yang akan berkuliah di Inggris diharuskan menguasai bahasa Inggris dengan tingkatan tertentu. Kualifikasi bahasa Inggris juga diperlukan sebagai syarat aplikasi visa, terutama visa untuk belajar yaitu Tier 4. Informasi lebih detailnya dapat dicek di websitenya : www.ukba.homeoffice.gov.uk. Rajin-rajin cek website universitas yang ingin kalian tuju ya, untuk mengetahui persyaratan bahasa Inggrisnya.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang hendak melanjutkan studi ke Inggris 🙂

Salam Semangat,

Share this:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *